Kota Madinah


Kota Madinah dikenal dengan sebutan Madinah Al-Munawarah yang berarti kota yang bersinar, kota yang berjarak sekitar 425 Km dari Kota Makkah ini terletak di tengah tengah tanah yang subur, kota ini adalah kota suci Umat Muslim ke 2 setelah Kota Makkah, tanah haram Madinah memiliki panjang 16Km, pengukuran ini dimulai dari Jabal Tsur ke Masjid Nabawi sepanjang 8 Km dan dari jabal ‘Eir ke masjid nabawi sepanjang 8Km, jadi panjang tanah haram madinah dari utara ke selatan di perkirakan sekitar 18 Km, seperti dalam hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari & Muslim;”Tanah Haram Madinah itu di antara bukit ‘Eir dan Bukit Thur”.

Madinah adalah nama yang diberikan oleh Rasulullah SAW sebagai penggati Yatsrib yang secara Etimologi mengandung makna kata benda yang menujukan tempat yang artinya tempat yang ditempati dan dibangun peradaban di atasnya.

Perubahan nama dari Yatsrib menjadi madinah dilakukan rasulullah SAW yaitu ketika beliau Hijrah dari Makkah ke Yatsrib. inilah langkah awal terbentuknya Daulah Islamiyah pertama di muka bumi. Peristiwa hijrah ini pula memberikan keterangan atas berdirinya Negara Islam Madinah yang dipimpin oleh Rasulullah SAW dengan sistem yang beliau bangun dengan syarat syarat minimal untuk desebut sebagai sebuah negara.

Kota Madinah memiliki beberapa nama yaitu :
Yatsrib; nama ini digunakan oleh kota madinah pada zaman jahiliyah, nama ini di ambil dari nama pendiri kota ini yaitu Yatsrib yaitu salah seorang dari keturunan Nabi Nuh AS.
Al-Madinah; Nama yang di berikan oleh Rasulullah setelah dia berhijrah dari Kota makkah dan nama inilah yang masih digunakan hingga sekarang, nama ini juga banyak ditemui didalam ayat Al-Qur’an dan Hadist
Thobah & Tahibah; kedua nama ini juga disebutkan oleh Rasulullah SAW sebagai nama kota madinah, karena sudah banyak orang yang mengikuti jejak dan ajaran Islam yang telah beliau ajarkan kepada penduduk setempat.
Ad-Dar & Iman; penyebutan nama ini dapat kita lihat dalam (QS.Al-Hashr 59:9)

Di kota inilah terletak Madjid yang menjadi saksi perkembangan islam yaitu Masjid Nabawi, Masjid ini adalah masjid yang dibangun den dibina oleh Rasulullah dengan berlandaskan ketakwaan terhadap Allah SWT, Masjid ini terletak pada ketinggian 597m dari permukaan laut, letak Masjid Nabawi berada di tengah Kota Madinah Almunawarah bagaikan bulan purnama dan permata yang bersinar sebagai sumber cahaya dan keindahan Islam.

Masjid Nabawi inilah yang menjadi magnet bagi umat muslim dari seluruh dunia untuk mendatangi kota madinah untuk berziarah karena Masjid ini memiliki keistimewaan seperti Masjid Al Haram di Makkah, di Masjid ini Juga terdapat Makam Rasulullah SAW.