Istanbul “Kota 2 Benua”


Istanbul adalah ibu kota Kesultana Turki Utsmani. Kota ini sebelumnya adalah ibu kota Kekaisaran Bizantium yang bernama Konstantinopel. Pada masa jayanya Bazantium adalah sebuah Negara Adidaya yang hanya dapat disaingi oleh Persia. Konstantinopel bertahan selama seribu tahun sebagai ibu kota Bizantium sampai akhirnya kekaisaran Turki Utsmani di bawah pimpinan Sultan Muhammad Alfatih merebutnya pada tahun 1453 dan menjadikannya sebagai pusat pemerintahan, pada saat itulah penataan kota ini dimulai dan berubah nama menjadi Istanbul, kemudian para sultan Turki Ustmani selanjutnya membangun kota ini hingga menjadi salahsatu pusat peradaban dunia yang terkenal.

sejak tahun 1985,berbagai peninggalan sejarah di istanbul ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO, dan pada tahun 2010 Istanbul ditetapkan sebagai ibu kota kebudayaan Eropa, dan ini juga memiliki arti politis bagi Turki yang sejak tahun 2005 mengajukan permohonan untuk anggota Uni Eropa tetapi ditentang oleh sejumlah negara Eropa lainnya.

Istanbul merupakan tempat bertemunya peradaban timur dan barat karena kota ini terletak di dua benua yaitu Asia dan Eropa, karna itu lah kota ini di sebut “kota dua benua”, istanbul memiliki kebudayaan yang sangat beragam, yang terdiri dari perpaduan budaya barat dan timur, dari mulai karya seni dan bangunan adalah percampuran dari budaya asli dari turki, Bizantium dan Romawi.

Berwisata ke Istanbul seperti ibarat melakukan perjalanan kemasa lalu dengan berbagai peradaban yang modern.berbagai peninggalan bangunan tetap terjaga dengan baik, berdampingan dengan bangunan bangunan modern yang terus berkembang pesat.

Salah satu tempat yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Selat Bosphorus, selat ini menghubungkan dengan Laut Hitam dan Laut Marmara juga memisahkan Turki bagian Eropa dan Turki bagian Asia, wisatawan dapat menjelajahi selat ini dengan kapal feri yang ada hampir setiap waktu, perjalanannya dimulai dari Eminonu sampai ke Laut Hitam, sepanjang perjalanan wisatawan dapat disuguhi dengan pemandangan berupa bangunan paduan arsitektur Asia dengan Eropa, dan juga beberapa bangunan bersejarah yaitu Istana Dolmabache dan Istana Beylerbey.

Tempat bersejarah lainnya yang menarik untuk di kunjungi adalah Istana Topkapi yang merupakan Istana terbesar di Isranbul. Tempat bersejarah lainnya adalah Museum Hagia Sophia yang pada awalnya dibangun oleh Konstantin pada abad ke 4 sebagai Gereja, akan tetapa setelah Istanbul direbut oleh Turki Usmani,Hagia Sophia beralih fungsi menjadi Masjid dengan ornamen ornamen gereja yang tidak dihilangkan. Kini Hagia Sophia menjadi Museum dan menjadi lambang pluralitas Kota Istanbul

Selain itu masih banyak tempat menarik dan wisata belanja barang barang khas Turki lainnya.